Kamis, 30 Oktober 2014

Butuh berapa lama agar bisa bermain musik?

Pertanyaan ini sering juga ditanyakan oleh murid atau orang tua murid pada saat awal belajar main musik. Jawabannya adalah TERGANTUNG..

1. Tergantung dari waktu latihannya.

Jika seorang murid menyediakan waktu untuk berlatih alat musik tsb setiap hari, maka bisa dipastikan akan lebih cepat bisa. Tidak ada yang tidak bisa jika kita berlatih. Bermain musik itu BISA karena BIASA.
Dalam 1 hari paling tidak seorang murid harus menyediakan waktu 30 - 45 menit untuk berlatih itu sudah cukup. Dan jangan heran kalau sedang 'mood" tanpa sadar bisa latihan lebih dari waktu tersebut.

2. Tergantung bisa main yang seperti apa..?

Contohnya alat musik piano, untuk lagu yang standart/mudah hanya dibutuhkan sekitar 2-3 kali pertemuan saja atau 2-3 minggu. Itu lagu yang dimainkan dengan menggunakan CHORD saja. Jika menggunakan campur dengan MELODY maka dibutuhkan waktu yang lebih lama.

3. Tergantung dari si murid itu sendiri

Ini yang lebih penting, karena jika si murid mempunyai motivasi dari dalam dirinya sendiri maka akan lebih mudah belajar, sehingga tanpa disuruhpun dia akan berlatih dan belajar. Karena untuk awal2 berlajar diperlukan pengorbanan baik jari2 yang terasa kaku dan agak sakit maupun waktu. Tapi kalau si murid ingin bisa maka hal2 tersebut akan dengan mudah dilewati.

4. Tergantung guru nya

Kalau yang mengajarnya tidak mempunyai metode belajar yang benar dan praktis akan membuat bingung si murid. Karena prinsipnya sama seperti waktu pertama kali belajar menulis atau membaca, seorang anak di ajarkan hal2 yang simple dulu seperti pengenalan huruf, suku kata dan kata.. begitu pula dengan musik. Seorang guru harus bisa mempunyai metode yang mudah dimengerti oleh si murid dari segala usia. (seperti saya hehehehe - promosi neh..)

Saya punya murid yang berusia 5 tahun..

Ada yang berusia belasan tahun

Ada yang ibu rumah tangga

Ada yang diatas 50 tahun

Semua bisa belajar dengan baik karena gurunya bisa membawakan materi pelajaran sesuai dengan usia masing2 dan lagu2 yang sesuai dengan usia dan zamannya.

Hehehe kalau point yang terakhir ini adalah promosi...

Jadi mau berapa lama bisa main musiknya..?









Tidak ada komentar:

Posting Komentar